2 Maret 2022

Cara Baca Huruf Fawatihus Suwar Lengkap

Huruf Fawatihus Suwar adalah huruf-huruf yang menjadi pembuka surat-surat dalam Al-Qur'an. Biasa juga dikenal dengan sebutan Huruf Muqathaah, yaitu huruf-huruf yang dibaca terputus-putus. Lalu bagaimana cara membaca huruf-huruf Fawatihus Suwar yang ada di dalam Al-Qur'an?

Al-Qur'an

Artikel ini menjelaskan tata cara membaca huruf Fawatihus Suwar atau huruf Muqatha'ah secara lengkap yang ada di dalam Al-Qur'an. Perlu diperhatikan bahwa selain membaca artikel ini, para pembaca harus bertalaqqi kepada Guru Al-Qur'an agar bacaannya baik dan benar.

Huruf Fawatihus Suwar yang ada di dalam Al-Qur'an terdapat dalam 29 surat. Dari dua puluh sembilan surat itu terdapat beberapa huruf Fawatihus Suwar yang sama dan ada yang berbeda. Berikut uraian masing-masing huruf fawatihus suwar beserta cara membacanya dilihat dari jumlah hurufnya :

Huruf Fawatihus Suwar : 1 Huruf

Ada 3 (tiga) surat yang diawali dengan 1 (satu) huruf Fawatihus Suwar yaitu surat Shad, surat Qaf, dan surat al-Qalam. Ketiga-tiganya menggunakan huruf Fawatihus Suwar yang berbeda-beda.

Fawatihus Suwar dalam QS Shad adalah (ص), yang dibaca (صَآدْ). Fawatihus Suwar dalam QS Qaf adalah (ق), yang dibaca (قَآفْ). Fawatihus Suwar dalam QS al-Qalam adalah (ن), yang dibaca (نُوْنْ). Berikut ini audio QS Shad, Anda dapat mendengarkan bacaan Fawatihus Suwar nya :

Huruf Fawatihus Suwar : 2 Huruf

Ada 9 (sembilan) surat yang diawali dengan 2 (dua) huruf Fawatihus Suwar yaitu surat Thaha, an-Naml, Yasin, al-Mu'min, Fushshilat, az-Zukhruf, ad-Dukhan, al-Jatsiyah, dan al-Ahqaf. Tiga surat berbeda, sedangkan 6 surat menggunakan huruf fawatihus suwar yang berbeda.

Fawatihus Suwar dalam QS Thaha adalah (طه), yang dibaca (طَاهَا). Fawatihus Suwar dalam QS an-Naml adalah (طس), yang dibaca (طَاسِيْنْ). Fawatihus Suwar dalam QS Yasin adalah (يس), yang dibaca (يَاسِيْنْ). Sedangkan sisa nya menggunakan (حم) yang dibaca (حَامِيْمْ).

Huruf Fawatihus Suwar : 3 Huruf

Ada 13 (tiga belas) surat yang diawali dengan 3 (tiga) huruf Fawatihus Suwar yaitu surat al-Baqarah, Ali Imran, al-Ankabut, ar-Rum, Luqman, as-Sajdah, Yunus, Hud, Yusuf, Ibrahim, al-Hijr, as-Syu'ara, al-Qashash.

Ada tiga bentuk dalam 3 huruf Fawatihus Suwar. Diantaranya, fawatihus suwar dalam QS Al-Baqarah adalah (الم), yang dibaca (أَلِفْ لَامْ مِيْمْ). fawatihus suwar dalam QS Yunus adalah (الر), yang dibaca (أَلِفْ لَامْ رَا). fawatihus suwar dalam QS As-Syu'ara adalah (طسم), yang dibaca (طَاسِيْنْ مِيْمْ).

Huruf Fawatihus Suwar : 4 Huruf

Ada 2 (dua) surat yang diawali dengan 4 (empat) huruf Fawatihus Suwar yaitu surat ar-Ra'd dan al-A'raf. Fawatihus Suwar dalam QS Ar-Ra'd adalah (المر), yang dibaca (أَلِفْ لَامْ مِيْمْ رَا). Sedangkan Fawatihus Suwar dalam QS Al-A'raf adalah (المص), yang dibaca (أَلِفْ لَامْ مِيْمْ صَادْ).

Huruf Fawatihus Suwar : 5 Huruf

Ada 2 (dua) surat yang diawali dengan 5 (lima) huruf Fawatihus Suwar yaitu surat Maryam dan asy-Syura. Fawatihus suwar dalam QS Maryam adalah (كهيعص), yang dibaca (كَافْ هَا يَا عَيْنْ صَادْ). Sedangkan Fawatihus Suwar dalam QS Asy-Syura adalah (حم عسق), yang dibaca (حَامِيْمْ عَيْنْ سِيْنْ قَافْ).

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon