27 Januari 2023

Baca Majreeha dalam QS Hud ayat 41

Ketika kita membaca al-Qur'an (terutama dengan riwayat Hafsh), hanya dikenal tiga vokal yang digunakan yaitu "a" yang dilambangkan dengan fathah, "i" yang disimbolkan dengan kasrah, dan "u" yang ditandai dengan dhammah. Biasanya dinamakan dengan harakat.

Namun sebenarnya ada tambahan satu vokal lagi yang berbunyi "e". Ini termasuk pengecualian dan hanya ada satu dalam al-Qur'an menurut riwayat Imam Hafsh dari Imam Ashim. Oleh karenanya, pembahasan ini masuk dalam kategori Gharib Tajwid.

Pengertian Imalah

Secara bahasa, Imalah artinya condong atau miring. Secara istilah ilmu Tajwid, Imalah adalah membaca condong antara bunyi fathah dan kasrah. Penggunaan Imalah dalam ilmu Qiraat terbagi menjadi dua yaitu Imalah Sughra dan Imalah Kubra.

Imalah Sughra adalah bunyi antara fathah dan kasrah namun lebih dominan ke arah fathah. Jika dipersentasekan, maka fathahnya sekitar 70% sedangkan kasrahnya sekitar 30%. Bacaan Imalah Sughra sering digunakan dalam riwayat Warsy.

Imalah Kubra adalah bunyi antara fathah dan kasrah yang keduanya tidak ada yang lebih dominan. Jika dipersentasekan, maka fathahnya sekitar 50% sedangkan kasrahnya sekitar 50%. Bacaan Imalah Sughra sering digunakan dalam riwayat Hamzah.

Lalu termasuk kategori manakah bacaan Imalah yang ada dalam riwayat Hafsh? Bacaan Imalah yang dipakai riwayat Hafsh saat membaca QS Hud ayat 41 adalah bacaan Imalah Kubra. Dan ini satu-satunya bacaan Imalah dalam al-Qur'an menurut riwayat Hafsh.

Cara Membaca Imalah Kata Majreeha

Kemudian bagaimana cara membaca Imalah yang terdapat dalam QS Hud ayat 41, atau lebih tepatnya dalam kata Majreeha? Sebelum mengulasnya, perhatikan QS Hud ayat 41 beserta terjemahannya di bawah ini.

وَقَالَ ٱرْكَبُوا۟ فِيهَا بِسْمِ ٱللَّهِ مَجْر۪ىٰهَا وَمُرْسَىٰهَآ ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Jika hanya melihat mushaf tanpa belajar tajwid, maka kebanyakan akan membaca dengan kata "majraahaa". Sedangkan yang sesuai tajwid, kata "majraahaa" dibaca dengan "majreehaa". Dengan kata lain bunyi "ro" diganti menjadi "re".

Bagaimana bunyi "e" yang sesuai dengan Imalah Kubra? Bunyi "e" dalam kata "Majreehaa" sama dengan bunyi "e" yang terdapat dalam kata "sate" atau "kare". Bukan memakai bunyi "e" yang terdapat dalam kata "emas". Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silakan bertalaqqi ke guru al-Qur'an terdekat.

Sebagai tambahan referensi, Anda bisa mendengarkan audio dari pembacaan QS Hud ayat 41 yang dibacakan oleh Syekh Muhammad Ayyub di bawah ini :

Dalam kitab at-Tahrir wa at-Tanwir karya Ibn Asyur disebutkan bahwa kata "Majreeha" terdapat perbedaan dalam ilmu Qiraat terkait harakat huruf mim-nya. Sedangkan terkait Imalah, masing-masing riwayat memiliki rumus atau persyaratannya masing-masing.

Wallahu a'lam...

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon