17 Januari 2024

Contoh Idzhar Wajib Juz 28, 29, dan 30

Artikel tentang contoh hukum bacaan merupakan salah satu rubrik yang paling dicari di situs ini sehingga kami secara konsisten akan melengkapi daftar isi yang belum. Artikel ini akan memaparkan hukum bacaan Idzhar Wajib yang terdapat dalam Juz 28, 29, dan 30.


Selain memuat artikel tentang contoh hukum bacaan Idzhar Wajib, para pembaca juga dapat request atau meminta tulisan mengenai hukum bacaan lain atau menguraikan surat dan ayat tertentu, dengan cara menulis di kolom komentar yang tersedia.

Hukum bacaan Idzhar Wajib adalah apabila nun sukun bertemu huruf wawu atau huruf ya yang berada dalam satu kata. Cara membaca hukum bacaan Idzhar Wajib adalah menjelaskan bunyi nun sukun tanpa disertai dengan dengung. 

Kata kuncinya adalah masih satu kata. Jika tidak, maka berubah menjadi Idgham bi Ghunnah karena Idgham bi Ghunnah adalah nun sukun atau tanwin yang bertemu huruf wawu, ya, nun, atau mim yang bukan satu kata.

Jumlah kata yang terdapat hukum bacaan Idzhar Wajib hanya 4 kata saja yang tersebar dan berulang-ulang di dalam al-Qur'an yaitu dunya, bunyan, qinwan, dan shinwan. Jika yang dicari hanya satu juz atau juz 30 saja, maka sedikit sekali hukum idzhar wajib sehingga dicantumkan sekaligus menjadi 3 juz yaitu juz 28, 29, dan 30.

Berikut ini adalah contoh-contoh hukum bacaan Idzhar Wajib pada Juz 28, 29, dan 30 lengkap dengan nama surat dan nomor ayatnya. Total hukum bacaan Idzhar Wajib dalam 3 Juz (Juz 28,29,30) yang dimaksud adalah 5 tempat.

Contoh Idzhar Wajib hanya bisa terjadi antara satu kata, bukan lain kata. Kata yang berlatar belakang kuning adalah kata yang mengandung hukum bacaan Idzhar Wajib. Sedangkan di bawah ayat dicantumkan terjemahannya.

1. QS Al-Hasyr ayat 3 (nun sukun bertemu ya dalam satu kata)

وَلَوْلَآ أَن كَتَبَ ٱللَّهُ عَلَيْهِمُ ٱلْجَلَآءَ لَعَذَّبَهُمْ فِى ٱلدُّنْيَا ۖ وَلَهُمْ فِى ٱلْءَاخِرَةِ عَذَابُ ٱلنَّارِ

Dan jika tidaklah karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia. Dan bagi mereka di akhirat azab neraka.

2. QS As-Shaff ayat 4 (nun sukun bertemu ya dalam satu kata)

إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلَّذِينَ يُقَٰتِلُونَ فِى سَبِيلِهِۦ صَفًّا كَأَنَّهُم بُنْيَٰنٌ مَّرْصُوصٌ

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

3. QS Al-Mulk ayat 5 (nun sukun bertemu ya dalam satu kata)

وَلَقَدْ زَيَّنَّا ٱلسَّمَآءَ ٱلدُّنْيَا بِمَصَٰبِيحَ وَجَعَلْنَٰهَا رُجُومًا لِّلشَّيَٰطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ ٱلسَّعِيرِ

Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

4. QS An-Nazi'at ayat 38 (nun sukun bertemu ya dalam satu kata)

وَءَاثَرَ ٱلْحَيَوٰةَ ٱلدُّنْيَا

Dan lebih mengutamakan kehidupan dunia

5. QS Al-A'la 16 (nun sukun bertemu ya dalam satu kata)

بَلْ تُؤْثِرُونَ ٱلْحَيَوٰةَ ٱلدُّنْيَا

Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi.

Demikian artikel singkat berjudul "Contoh Idzhar Wajib Juz 28, 29, dan 30". Cukup sedikit karena memang kata-kata yang mengandung hukum bacaan Idzhar Wajib juga sedikit di dalam al-Qur'an. Silakan tinggalkan komentar atau saran atau usulan terkait artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon