Cara Baca Isymam

Cara Baca Isymam -

Isymam merupakan salah satu dari bacaan Tajwid Gharib (langka). Isymam juga dianggap sulit karena cara membaca nya yang berbeda dengan bacaan lainnya? Apa pengertian dari bacaan Isymam? Dan bagaimana cara praktek bacaan Isymam?

Pengertian

Secara bahasa, Isymam berasal dari kata Syamma yang artinya mencium atau mengendus. Secara istilah Ilmu Tajwid, Isymam adalah mengumpulkan atau memonyongkan kedua bibir. Bacaan Isymam yang dimaksud di sini adalah dalam QS Yusuf ayat 11


Menurut riyawat Hafsh untuk bacaan Isymam di tengah kata ini hanya ada di satu tempat yaitu QS Yusuf ayat 11. Berikut ayat lengkap dari QS Yusuf ayat 11 beserta artinya (bacan Isymam diberi warna merah) :

قَالُوا يَا أَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأْمَنَّا عَلَىٰ يُوسُفَ وَإِنَّا لَهُ لَنَاصِحُونَ

Mereka berkata: "Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya.

Dalam Mushaf Standar Indonesia, bacaan Isymam ditandai dengan kata "Isymam" dengan tulisan Arab di bawah kata. Sedangkan dalam Mushaf Standar Madinah, bacaan Isymam ditandai dengan wajik kosong yang diletakkan di atas kata.


[Baca juga : Perbedaan Tanda Baca Mushaf Indonesia dan Madinah dalam Tajwid 3]

Cara Membaca

Bagaimana cara membaca kata "La Ta`manna" dengan bacaan Isymam? Cara membaca Isymam pada kata "La Ta`manna" sebagaimana dikutip dari kitab "al-Mufid fi Ilm at-Tajwid" adalah sebagai berikut ini :

النُوْنُ الْأُولَى سَاكِنَةٌ مُظْهِرَةٌ يَلِيْهِ ضَمُّ الشَّفَتَيْنِ و الإِتْيَانُ بالنون الثانية مع غنة يليه إِعَادَةُ بَسْطِ الشَّفَتَيْنِ

Dari keterangan di atas, setidaknya terdapat 2 langkah yang harus diperhatikan saat membaca Isymam pada kata "Ta`manna" dalam QS Yusuf ayat 11 :

Langkah ke-1 :
النُوْنُ الْأُولَى سَاكِنَةٌ مُظْهِرَةٌ

Maksudnya adalah membaca nun yang pertama dengan nun sukun yang jelas, sehingga awal membacanya menjadi La Ta`man

Langkah ke-2 :
يَلِيْهِ ضَمُّ الشَّفَتَيْنِ و الإِتْيَانُ بالنون الثانية مع غنة

Setelah membaca sukun jelas pada langkah pertama, langsung disambung dengan mengumpulkan atau memonyongkan kedua bibir. Dan dengan membaca nun tasydid yang disertai bacaan Ghunnah atau dengung.

Langkah ke-3 :
يليه إِعَادَةُ بَسْطِ الشَّفَتَيْنِ

Terakhir baru dikembalikan bibir yang awalnya mencucu atau monyong, dikembalikan seperti semula dan persiapan membaca huruf terakhir yaitu "Na".

Ketiga langkah di atas adalah langkah-langkah dalam proses latihan bacaan Isymam. Untuk prakteknya, ketiga langkah di atas dilakukan langsung sesuai urutannya. Untuk lebih jelasnya, silahkan talaqqi pada guru al-Quran.

Hikmah-Hikmah

Hikmah-hikmah yang dimaksud adalah untuk menjawab pertanyaan seputar Isymam. Misalnya, mengapa hanya kata (تَأْمَنَّا) dalam QS Yusuf ayat 11 yang dibaca Isymam? Kata asli dari (تَأْمَنَّا) adalah (تَأْمَنُنَا).

تَأْمَنَّا
Asalnya
تَأْمَنُنَا

Kemudian dibaca Isymam untuk mengetahui bahwa kata asli dari (تَأْمَنَّا) adalah (تَأْمَنُنَا). Apabila tidak di-Isymam-kan maka dikhawatirkan berbeda nya makna antara kata (تَأْمَنَّا) yang aslinya (تَأْمَنُنَا) dengan kata (تَأْمَنَّا) asli. Wallahu a'lam..

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon