4 Oktober 2019

Idzhar Qamari

Idzhar Qamari -

Dalam bab Lam Ta'rif atau al, terdapat dua hukum bacaan yaitu Idzhar Qamari dan Idgham Syamsi. Kali ini akan dibahas mengenai Idzhar Qamari terlebih dahulu. Apa pengertian dari hukum bacaan Idzhar Qamari? Bagaimana cara membacanya dan apa contohnya?

Pengertian Idzhar Qamari

Sebelum membahas pengertian Idzhar Qamari, bagi Anda yang belum mengetahui pengertian atau cara mencari Lam Ta'rif atau AL, maka silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Apa Itu al atau Lam Ta'rif" atau langsung klik di sini.


Secara bahasa, Idzhar Qamari terdiri dari dua kata : Idzhar dan Qamari. Idzhar artinya menjelaskan, sedangkan Qamari artinya (sebangsa) bulan. Untuk penamaan nya, ada juga yang memberi nama menjadi Idzhar Qamariyah.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Idzhar Qamari adalah apabila ada lam ta'rif (AL) bertemu dengan salah satu huruf Qamari, yang jumlahnya ada 14 huruf hijaiah. Keempat belas huruf tersebut, oleh Ibn Jazari dikumpulkan menjadi kalimat di bawah ini :

أَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَهُ

Atau jika disebutkan satu per satu dan urut sesuai huruf hijaiah maka sebagai berikut ini :

أ ، ب ، ج ، ح ، خ ، ع ، غ ، ف ، ق ، ك ، م ، و ، ه ، ي

Lalu bagaimana cara membaca Idzhar Qamari? Cara membacanya adalah dengan menjelaskan bunyi lam ta'rif atau al ketika bertemu salah satu dari huruf Qamari. Atau biasanya di dalam mushaf, lam ta'rif nya diberi tanda sukun.

Contoh-Contoh Idzhar Qamari

Contoh-contoh Idzhar Qamari banyak ditemukan di dalam al-Quran. Biasanya, cara mudahnya adalah apabila al atau lam ta'rif nya tidak bertasydid (al nya sukun) maka itu adalah hukum bacaan Idzhar Qamari.

Berikut ini beberapa contoh-contoh dari hukum bacaan Idzhar Qamari yang ada di dalam al-Quran beserta nama surat dan nomor ayatnya :

Hukum bacaan Idzhar Qamari dalam QS An-Naba ayat 6 (al bertemu hamzah) :
أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا

Hukum bacaan Idzhar Qamari dalam QS Al-Buruj ayat 17 (al bertemu jim) :
هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْجُنُودِ

Hukum bacaan Idzhar Qamari dalam QS Al-Balad ayat 1 (al bertemu ba) :
لَا أُقْسِمُ بِهَٰذَا الْبَلَدِ

Pertanyaan-Pertanyaan Idzhar Qamari

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang penulis kumpulkan saat menjelaskan hukum bacaan Idzhar Qamari. Pertanyaan berikut bisa jadi juga pertanyaan para pembaca. Para pembaca juga bisa bertanya dengan cara tulis komentar di bawah ini.

Q : Mengapa dinamakan Idzhar dalam hukum bacaan Idzhar Qamari?
A : Idzhar artinya menjelaskan. Dinamakan Idzhar karena cara membaca lam ta'rif atau al nya adalah dengan menjelaskan bunyi nya sehingga dinaman Idzhar Qamari

Q : Mengapa Lam Ta'rif bertemu huruf-huruf Qamari dibaca Idzhar?
A : Lam Ta'rif atau al bertemu huruf Qamari dibaca jelas karena makhraj huruf lam berjauhan dengan makhraj huruf-huruf Qamari.

Q : Mengapa dinamakan Qamari dalam hukum bacaan Idzhar Qamari?
A : Qamari artinya (sebangsa) bulan. Dinamakan Qamari karena perumpamaan. Lam ta'rif diumpamakan sebagai cahaya bintang. Cahaya bintang akan terlihat jelas (Idzhar) jika bersanding dengan bulan (Qamari) maka itulah dinamakan Idzhar Qamari.

Q : Mengapa dinamakan Idzhar Qamari, bukan Idzhar Qamariyah?
A : Istilah Qamari dan Qamariyah masing-masing terdapat dalam buku-buku Tajwid. Namun istilah Qamari dan Qamariyah (masih merujuk pada buku-buku Tajwid) dipasangkan sesuai kata sebelumnya. Qamari disandarkan pada Idzhar (Idzhar Qamari), sedangkan Qamariyah disandarkan pada al atau lam ta'rif (al Qamariyah).
Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon