17 Maret 2024

Tingkatan Mad Far'i

Setelah mempelajari macam-macam Mad Far'i, ada juga yang perlu dibahas dan menarik untuk dikaji yaitu mengenai maratib atau tingkatan-tingkatan yang ada dalam pembagian mad far'i. Pembagian tingkatan ini menjadi dasar untuk mengetahui hukum Mad yang saling bertumpang tindih terkait kaidah-kaidahnya.


Sebagaimana diketahui bahwa Mad Far'i terbagi menjadi dua kelompok yaitu Mad Far'i yang disebabkan oleh hamzah dan Mad Far'i yang disebabkan oleh sukun. Untuk mempelajari pembagian macam-macam dari Mad Far'i, silakan baca artikel khusus atau KLIK DI SINI.


Tingkatan Urutan Hukum Mad Far'i

Yang termasuk Mad Far'i ada lima yaitu Mad Wajib Muttashil, Mad Jaiz Munfashil (termasuk Mad Shilah Thawilah), Mad Badal, Mad Aridh Lissukun (termasuk Mad Lin), dan Mad Lazim (termasuk Mad Lazim Kalimi dan Harfi, baik Mutsaqqal maupun Mukhaffaf).

Lalu manakah dari kelima hukum Mad di atas yang lebih kuat dan manakah yang lebih lemah? Kuat atau lemahnya Mad tergantung dari sebab-sebab yang dimilikinya. Berikut adalah teks matan Syekh Ibrahim Syahatah as-Samnudi :

اقوى المدود لازم فما اتصل # فعارض فذو انفصال فبدل

Dari syair atau matan di atas, dapat diketahui bahwa urutan atau tingkatan dari Mad Far'i mulai dari yang paling kuat hingga yang paling lemah adalah sebagai berikut :

  1. Mad Lazim
  2. Mad Wajib Muttashil
  3. Mad Aridh Lissukun (termasuk Mad Lin)
  4. Mad Jaiz Munfashil
  5. Mad Badal

Diketahui pula bahwa penyebab yang menjadikan Mad Lazim merupakan Mad Far'i terkuat dan hukum Mad Far'i lainnya adalah karena sebab-sebab dari masing-masing Mad Far'i yang terdiri antara huruf hamzah maupun sukun.

Mad Lazim merupakan Mad Far'i terkuat karena sebab sukun asli yang tetap ada baik waqaf maupun washal, baik dalam satu kata maupun huruf. Oleh karena itu, seluruh imam qiraat membacanya dengan panjang 6 harakat.

Mad Wajib Muttashil menempati peringkat kedua karena hubungannya dengan hamzah dalam satu kata. Dan Ulama qiraat sepakat untuk memanjangkannya lebih dari mad thabi'i meskipun beberapa berbeda terkait panjang bacaannya.

Mad Aridh Lissukun berada di urutan ketiga karena bertemu sukun yang baru ada sebab waqaf. Oleh karenanya dibaca bisa 2, 4, atau 6 harakat. Mad Jaiz Munfashil berada di tempat keempat karena bertemu hamzah di lain kata dan ulama berbeda apakah memanjangkannya atau tidak.

Terakhir di urutan atau tingkatan Mad Far'i adalah Mad Badal. Meskipun disebabkan hamzah, namun karena hamzahnya terletak sebelum mad maka ia berada di urutan terakhir. Selain itu huruf mad nya merupakan ganti dari hamzah.

Hikmah Mengetahui Tingkatan Mad Far'i

Lalu apakah hikmah atau faedah mengetahui tingkatan hukum mad far'i? Setelah mempelajarinya, Anda tidak kesulitan dalam menentukan kata atau beberapa kata yang memiliki sebab-sebab dalam hukum bacaan Mad Far'i. Berikut salah satu hikmah mengetahui tingkatan mad far'i.

Pertama, jika di dalam satu huruf bisa termuat beberapa sebab maka dimenangkan sebab atau hukum mad far'i yang terkuat. Misalnya, perhatikan kata di bawah ini yang memuat sebab hukum bacaan Mad Badal dan Mad Lazim.

ءَآمِّينَ

Dari kata di atas, Anda akan menemukan dua hukum Mad dalam huruf hamzah. Pertama yaitu Mad Badal karena ada hamzah yang bertemu dengan huruf Mad berupa Alif. Kedua yaitu Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal karena ada huruf Mad yang bertemu tasydid dalam satu kata.

Lalu apa hukum bacaan Mad pada huruf hamzah tersebut? Apakah hukum bacaan Mad Badal? Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal? Atau justru dapat dibaca keduanya? Maka jawabannya adalah hamzah dibaca hukum Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal karena ia merupakan tingkatan mad far'i tertinggi.

Kedua, jika dalam satu bacaan atau satu ayat terdapat dua hukum Mad Far'i antara kuat dan lemah, maka mad yang kuat lebih dijadikan acuan untuk mad yang lemah. Misalnya terdapat Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil dalam satu ayat atau bacaan. 

ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

Atau bisa juga Mad Aridh Lissukun dan Mad Lin dalam satu ayat atau satu bacaan. Kedua kasus di atas termasuk kasus pertama akan masuk dalam kaidah Aqwas Sababain. Penjelasan lengkap terkait Kaidah Aqwas Sababain akan dibahas dalam artikel khusus.

Demikian artikel singkat berjudul "Tingkatan Mad Far'i". Untuk melihat seluruh tema artikel di situs ini, silakan KLIK DI SINI. Jika Anda ingin diskusi atau mengusulkan judul artikel berikutnya, silakan dapat menuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon